Menghilangkan Komedo Dengan Ampas Kopi

Coffee Lovers pernah bermasalah dengan yang namanya jerawat??? Pasti jadi gak pede banget dah. Kali ini kita gak membahas mengenai jerawatnya, melainkan mengenai komedo. Coffee Lovers tau gak, komedo merupakan masalah kulit lainnya yang sering membuat kita kewalahan menghilangkannya. Komedo biasanya berkumpul pada area hidung yang timbul akibat kotoran yang menempel. Apalagi ditambah dengan wajah yang berminyak, komedo akan dengan mudah dan cepat bermunculan.

Apa penyebab komedo muncul?

Kotoran dan minyak yang menempel tersebut mudah menumpuk karena pori-pori wajah yang besar. Komedo yang umumnya dialami banyak orang adalah jenis komedo hitam (blackheads) atau yang bisa disebut juga sebagai komedo terbuka. Komedo hitam tidak terlapisi lagi oleh lapisan kulit, sehingga setelah kotoran dan minyak masuk ke dalam pori-pori akan terkena udara, sinar matahari, dan debu yang terbawa angin yang membuatnya berubah warna menjadi hitam.

Sudah tau dong, sekarang kenapa komedo berwarna hitam? Komedo jenis ini terbilang mudah dihilangkan jika dibandingkan dengan komedo putih yang biasanya tertutup oleh epitel kulit wajah. Kalau ingin dihilangkan, disarankan untuk pergi ke salon atau dokter kulit untuk ditangani dengan baik oleh ahlinya.

Cara sederhana menghilangkan komedo secara alami dengan ampas kopi

Menghilangkan komedo juga jangan sampai sembarangan. Hindari untuk memencetnya dengan tangan atau alat yang tidak sesuai fungsinya untuk membersihkan komedo. Kalau sampai salah membersihkan, wajah akan iritasi dan pori-pori wajah akan semakin membesar. Kalau semakin besar, kotoran akan gampang menumpuk. Bisa-bisa komedo semakin banyak, malah bisa jadi timbulnya jerawat.

Tapi ada cara nyaman dan sederhana untuk menghilangkan masalah kulit wajah yang satu ini.

Dua sendok teh bubuk kopi yang dicampur air bisa jadi obat pengusir komedo membandel. Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Kemudian balurkan di area hidung dan sekitarnya yang terdapat komedo. Setelah setengah mengering, gosok-gosokan pasta kopi tersebut untuk mengeluarkan komedo dari dalam pori-pori. Kalau sudah dirasa cukup segera bilas dengan air hingga bersih.

Bisa juga sekalian dijadikan scrub atau masker wajah dan diamkan selama 15-30 menit. Agar komedo yang ingin dihilangkan bisa terangkat semua, Coffee Lovers bisa membasahi wajah terlebih dahulu dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Air hangat bertujuan untuk membuka pori-pori wajah agar membesar, sehingga kotoran di wajah mudah dibersihkan.

Antioksidan dalam kopi lah yang bertugas untuk mengangkat semua kotoran dan juga kulit mati di wajah. Jadi, komedo pun bisa ikut terangkat. Hasilnya wajah jadi bersih dan juga cerah. Nggak akan khawatir lagi deh, sama komedo membandel. Bye-bye komedo.

%d bloggers like this: