Kopi Adalah Stimulan Yang Terkenal Di Dunia

Kopi menjadi salah satu minuman paling populer dan digemari di seluruh dunia. Kopi biasanya dihidangkan panas dan dipersiapkan dari biji dari tanaman kopi yang dipanggang. Kopi juga dikenal sebagai pengusir rasa kantuk, maka tidak heran banyak orang yang memanfaatkan kopi sebagai teman untuk begadang. Dengan minum kopi membuat seseorang akan selalu waspada dan penelitian ini pun akan memberikan sebuah solusi bagi orang yang gampang terserang rasa kantuk. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa membuat rasa kebergantungan dan naiknya tekanan darah sementara dan hormon stres serta detak jantung yang cepat.

Kopi yang kita konsumsi sehari-hari berasa dari bagian biji yang terdapat pada buah kopi. Biji yang baik berasal dari buah kopi yang ranum dengan warna merah mengkilat. Setelah dilepaskan dari daging buah, biji kopi selanjutnya dikeringkan.

Biji kopi kering ini tidak mempunyai aroma sama sekali, karena aroma baru timbul setelah proses sangrai. Setelah disangrai biji kopi kemudian dihaluskan, baik secara manual dengan alu maupun mesin. Kasar atau halusnya bubuk kopi disesuaikan dengan selera masing-masing. Bubuk kopi inilah yang selanjutnya disuguhkan dengan seduhan air panas dengan tambahan gula atau krim sesuai dengan selera. Namun penulis lebih suka es kopi murni tanpa dicampur dengan gula maupun krim.

Mutu seduhan kopi sangat ditentukan oleh kualitas biji kopi, cara menyangrai, cara mencampur dengan bahan lainnya, serta cara menyeduh dengan air panas. Biji kopi mengandung protein, minyak aromatis, dan asam organik. Komposisinya di dalam bahan bergantung pada jenis kopi, daerah tempat tumbuh, macam dan ketinggian tanah dari permukaan laut, serta cara penanamannya.

Mineral yang banyak terkandung pada kopi adalah magnesium, besi, natrium, dan kalium. Kadar mineral pada kopi akan sangat berpengaruh terhadap warna dan rasa kopi seduhan. Selain mengandung komponen gizi (protein, asam amino, karbohidrat, lipid, dan mineral), kopi juga mengandung komponen non gizi yang merupakan senyawa bioaktif untuk cita rasa dan pengawet, seperti kafein dan asam klorogenat.

 

%d bloggers like this: