Cara Membedakan Kopi Murni & Kopi Campuran

Menikmati secangkir kopi di pagi hari atau sore hari, sambil nongkrong atau hanya melihat pemandangan sekitar mungkin jadi hal yang paling nyaman untuk dilakukan, terutama bila kopi yang kita nikmati benar-benar nikmat. Kopi yang nikmat adalah kopi yang 100% persen menggunakan kopi asli dan sekarang sangat jarang ditemukan. Bicara soal kopi, sangat luas lingkupnya. Tidak sedikit penjual yang mencampurkan bahan-bahan lainnya ke dalam bubuk kopi agar mendapatkan lebih banyak untung. Masyarakat menyebut kopi jenis ini sebagai “kopi oplosan” atau kopi campuran.

Memang sulit membedakan kopi murni dengan kopi oplosan dari bentuknya saja. Namun sebenarnya ada cara-cara tertentu untuk membedakan mana kopi murni dan mana yang kopi oplosan. Perbedaan tersebut dapat digolongkan dalam dua faktor: aroma dan rasa. Dari segi aroma, kopi murni jauh lebih lembut. Sedangkan untuk kopi oplosan atau kopi campuran masih ada aroma kimiawi yang tajam karena dicampur esens.

Selanjutnya untuk membedakan kopi murni dan kopi oplosan atau kopi campuran adalah rasa kopi itu sendiri. Kopi murni rasanya tidak terlalu lama di tenggorokan, tetapi kopi oplosan atau kopi campuran itu long aftertaste di tenggorokan. Artinya, kopi murni nggak akan terasa ‘nyantol’ di tenggorokan. Rasa kopi mudah hilang. Berbanding terbalik dengan kopi oplosan atau kopi campuran yang tetap terasa di tenggorokan meskipun sudah lama dikonsumsi. Kemungkinan besar, rasa kopi yang menempel di tenggorokan berasal dari esens atau aroma kopi buatan yang tidak mudah hilang. Jika ingin membedakan dari segi penampakan, hal tersebut agak sulit. Karena dari segi bentuk, kopi oplosan atau kopi campuran dan kopi murni cenderung mirip. Hanya bisa dibedakan setelah diseduh atau dihirup saja. Sebenarnya ada pelatihan untuk mengetahui mana kopi asli dan kopi oplosan menggunakan Flavor Wheel Coffee (panduan rasa kopi dari hasil penelitian profesional di bidang kopi).

Walaupun begitu, tetap ada cara awal untuk mengantisipasi kopi oplosan atau kopi campuran. Yaitu mulai membeli dari penjual yang terpercaya seperti kami, dengan slogan “Online Coffee Source You Can Trust”. Kemudian bisa juga membeli biji kopi untuk kemudian digiling dan dikonsumsi sendiri. Kopi dalam bentuk bubuk memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dijadikan kopi oplosan atau kopi campuran.

Sudah tahu bagaimana cara membedakan kopi murni dengan kopi campuran? Sebarkan agar orang-orang di sekitar kita jadi lebih aware dengan minum kopi murni.

%d bloggers like this: